Mencicipi Kuliner Jajanan Khas Gang Aut

Icip Kuliner Gang Aut

Mencicipi Kuliner Jajanan Khas Gang Aut

Salah satu kawasan jajanan khas Kota Bogor yang terkneal akan kenikmatan rasa dan harganya yang terjangkau adanya di Gang Aut. Di sepanjang pinggir Jl Surya Kencana dan Siliwangi ini, wisatawan akan menjumpai aneka jajanan, seperti soto kuning, lumpia basah, toge goreng, asinan jagung bakar, dll.

Soto Kuning Bogor

Soto Kuning Bogor

Soto Kuning Bogor

Kuah berwarna kuning yang dihasilkan pada soto kuning Bogor ini berasal dari kunyit, santan, dan campuran rempah – rempah lainnya. Untuk isinya, pembeli dapat memilih sendiri, bisa daging atau jeroan, sesuai keinginannya. Namun, tak jarang pula penjual yang hanya memakai daging, tanpa jeroan didalamnya.

Untuk satu poris soto kuning, biasanya dijual Rp 19.000. Namun ada juga yang menjualnya dibawah harga tersebut.

Lumpia Basah

Lumpia Basah

Lumpia Basah

Lokasinya ada didepan penjual soto mie cukup terkenal di jalan surya kencana ini, dengan sebuah gerobak, bapak penjual lumpia ini aromanya tercium wangi ketika anda di panjang jalan, jadi saat kita pesan lumpia basah ini sudah terlihat antrian yang banyak karena banyak peminatnya dari berbagai tempat.

Lumpia basah yang isinya ada toge, daging cincang, tahu yg dipotong kecil, lalu terdapat rebung dan bengkuang. Isinya didalamnya banyak dan rasanya enak gurih, lebih enak klo dimakannya ditempat karena ketika hangat lebih enak dan gurih, lalu kulit luarnya lembut dengan murah meriah dan tentunya enak.  Bila dibawa pulang bungkusnya ditaruh dengan daun pisang baru dibawahnya, lalu memakai bungkus coklat.

Toge Goreng

Toge Goreng

Toge Goreng

Satu porsi jajanan ini berisi ketupat, toge (yang direbus bukan digoreng), mie kuning, dan bumbu tauco. Lalu, apa bedanya dengan laksa? Kalau laksa, cairan yang digunakan bukan tauco melainkan kuah santan. Untuk harganya, satu piring toge goreng dijual berkisar Rp 8.000 – Rp 10.000.

Asinan Jagung Bakar

Asinan Jagung Bakar

Asinan Jagung Bakar

Jajanan yang satu ini memang unik. Jagung bakar yang dagingnya diserut ini rasanya mirip sekali dengan asinan sayur. Harganya sekitar Rp 8.000 / porsi. Disarankan, agar kuahnya terasa, saat memakan asinan ini disarankan menggunakan mangkok, jangan dibungkus plastik.

Es Bir Kotjok

Es Bir Kotjok

Es Bir Kotjok

Bir yang identik dengan minum ber-alkohol bila anda temukan di daerah suya kencana bogor mungkin anda salah, bir kocok yang dibuat dari rempah-rempah seperti jahe, cengkeh dan gula aren ini salah satu minuman khas bogor yang cocok untuk melepas dahaga setelah beraktifitas. Mengapa di sebut bir kocok? Karena pembuatan minuman ini dikocok, lalu buih busa yang mirip minuman beralkohol ini muncul dan disajikan didalam tabung dengan es batu yang menjadikan rasa yang khas.

Bir kocok ini sangat populer walaupun hanya berjualan digerobak saja yang buka setiap hari. Bir kocok memang bukan minuman baru, melainkan sudah ada sejak 1965. Herman, yang meneruskan usaha sang ayah, dapat menghabiskan 20 hingga 30 botol tiap harinya.  Dahulu kala awal-awal mereka jual, mereka gunakan bambu besar untuk nyimpan larutan bir ini. Saat ini mereka gunakan botol dan botol besar ini juga bisa di beli selain juga di jual pergelas untuk minum di tempat.

Visit Bogor

visitbogor.com@gmail.com

No Comments

Post a Comment